Teknologi yang Sedang Berkembang Di Tahun 2016 - Techno

Latest

Blog membahas tentang seputar technology dan update-update seputar informasi technology

Wednesday, April 13, 2016

Teknologi yang Sedang Berkembang Di Tahun 2016

Seiring perkembangan zaman, sudah tak terasa kita hidup di zaman yang penuh kecanggihan dan semuanya serba praktis. Semua orang yang ada di dunia berlomba-lomba untuk dapat menciptakan hal baru termasuk teknologi sekarang ini yang dimana semua serba praktis dan mempermudah pekerjaannya. Melihat teknologi perkembangan dan informasi saat ini, berbagai prediksi tentang perkembangan teknologi semakin semakin banyak diutarakan, maka banyaknya jumlah angka setiap orang beraktifitas sehari-hari menggunakan perangkat elektronik komputer dan gadget berdampak pada pengembangan atau terobosan-terobosan baru. Maka di tahun 2016 ini teknologi baru apa saja yang sedang beredar saat ini, Berikut adalah Teknologi yang Sedang Berkembang Di Tahun 2016.

1. Wireless Charger

Saat ini hampir semua alat isi ulang baterai secara wireless atau yang biasa kita sebut dengan Wireless Charging/Charger, Wireless charger menarik perhatian karena memungkinkan Anda untuk mengisi daya smartphone langsung tanpa mencolok ke kabel daya penghubung. Hanya dengan menempatkan smartphone Anda pada charger nirkabel, pengisian daya segera dimulai. Tentu saja, wireless charger sendiri masih harus dipasang ke colokan dinding. Wireless Charger lebih tepat disebut sebagai "pengisian induktif" karena menggunakan induksi magnetik. Penjelasan singkat adalah perangkat ini menggunakan magnet untuk mengirimkan energi. Arus yang berasal dari stop kontak dinding bergerak melalui kawat dalam charger nirkabel, menciptakan medan magnet. Medan magnet menciptakan arus listrik dalam kumparan di dalam perangkat elektroniik. Kumparan ini terhubung ke baterai dan arus listrik mengisi baterai. Perangkat harus memiliki hardware yang sesuai untuk mendukung pengisian nirkabel - perangkat tanpa kumparan yang tepat tidak dapat diisi secara nirkabel.

Bagaimana Anda Dapat Menggunakan Wireless Charger Pada Saat Ini?
Untuk menggunakan wireless charger dengan smartphone, Anda akan membutuhkan smartphone yang mendukung wireless charger dan pad wireless charger. Smartphone populer apa saja yang mendukung wireless charger, diantaranya : Samsung Galaxy S7/Edge, Samsung Galaxy S6/Edge, LG G5, Google Nexus 4, Samsung Galaxy S4 membutuhkan receiver wireless charger cover di panel belakang, iPhone 6 membeli pad dan receiver wireless charger.


2. Drone


Jika dulu Anda bermain mainan helikopter yang dikendalikan oleh remote control, kini Anda bisa mengendalikan sekaligus merekam aktivitas yang ada di atas tanpa harus merekam kamera melalui helikopter asli, sebut saja Drone, yang kiniyang jadi tren masa kini. Drone dikendalikan menggunakan remote control, bahkan ada juga yang bisa bergerak tanpa dikendalikan remote control. Meski awalnya sebagai alat militer namun kini drone telah beralih fungsi menjadi sebuah hobi dan aktivitas social media. Drone diklaim mampu terbang mencapai 300 kaki 45menit non-stop, Anda wajib membeli 3 baterai jika anda membutuhkan terbang lebih dari 1 jam, dengan begitu anda mempuyai cadangan baterai jikalau sedang melakukan merekam aktivitas di udara. Drone apa saja yang mampu terbang tinggi dengan kecanggihannya : Lehmann GoPro Personal UAV Drone, Parrot AR Drone 2.0, Penguin B UAV Drone, Gatewing X100 UAV Drone, Airbotix Aibot X6 UAV.


3. Project Ara



Project Ara ini didirikan oleh Google Inc. Dimana, smartphone Anda dapat dibongkar dan di upgrade dengan komponen lain. Jadi Anda bisa memilih dan mengganti sendiri hardware spesifikasi yang Anda mau, seperti kamera, prosesor, LCD dan apapun yang ingin Anda inginkan. Jadi sistemnya seperti kita mengganti sebuah komponen pada PC Desktop dan Laptop. Jika Anda membeli sebuah smartphone, maka Anda tidak harus membeli paketan hardware yang telah diberikan oleh standar pabrik, Anda bebas berkreasi membuat smartphone Anda sendiri, seperti layakya PC dan Laptop.


4. Information Thing


Information Thing adalah sebuah rumah canggih yang bisa mengirimkan pesan pada pemiliknya jika mendeteksi sebuah kesalahan. Information thing diperkenalkan pertama kali dalam sebuah rumah canggih. Sistem kerja Information Thing bisa mendeteksi suhu yang terlalu panas, adanya pergerakan tidak wajar dan lain-lain. Jadi, saat pemilik rumah tidak ada di tempat, ada teknologi canggih yang siap berjaga 24 jam seperti Satpam. Tahun 2016 ini, teknologi information thing akan diperkenalkan. Semakin banyak benda-benda yang terhubung satu sama lain dan mampu mengirimkan pesan suara dan juga text.


5. Nextbit Robin


Nextbit Robin adalah sebuah Smartphone dengan Media penyimpanan yang jika pengguna mengalami penyimpanan penuh atau storage is full, maka Nextbit bekerja untuk menganstisipasi penyimpanan data kita tidak pernah habis. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir jika Anda sedang asyik foto-foto atau menyimpan data besar tiba-tiba smartphone Anda sudah tidak mampu lagi menampung kapasitas data yang penuh. Teknologi tahun 2016 ini smartphone Nextbit Robin akan segera meluncur. Smartphone yang diklaim mempunyai teknologi mutakhir. Storage yang Nextbit Robin miliki di prediksi selalu tersedia.


6. Bluetooth Beacon


Bluetooth Beacon berbeda dengan Bluetooth konvensional yang sudah kita kenal sejak bertahun-tahun yang lalu, Bluetooth Beacon tentu saja lebih canggih dibandingkan Bluetooth konvensional. Bleutooth dengan tenaga beacon merupakan sebuah mercusuar atau toer yang dipasangkan di area-area tertentu. Dengan ini, Anda bisa mendapat informasi lokasi sekaligus mampu mengirimkan pesan real time. Contoh, jika Anda sedang di bandara dan Anda kebingungan, Bluetooth Beacon akan mengirimu pesan di gate mana dan jam berapa kamu sudah harus check in. Begitu juga saat Anda berada di sebuah pusat perbelanjaan. Bluetooth Beacon akan dengan siap mengirimkan informasi toko terdekat yang sedang mengadakan diskon.


7. Print 3D dan Bioprint


Sudah banyak benda yang berhasil dicetak dengan printer 3D. Namun tahun 2016 ini, material yang bisa digunakan untuk mencetak di printer 3D semakin mudah, begitu juga dengan pengontrol printer tersebut yang berupa aplikasi. Seorang ahli di IEEE mengatakan bahwa mencetak makanan menggunakan printer 3D akan menjadi tren. Anda bisa mencetak permen, kue coklat, kue ulang tahun, atau bahkan pasta dan pizza. Peneliti juga sudah ada yang mengembangkan bioprinting, yang memungkinkan makanan hasil cetakan printer 3D bisa dimakan.

Itulah beberapa Teknologi yang Sedang Berkembang Di Tahun 2016, semoga artikel ini bermanfaat dan membuka wawasan bagi kita semua.

Terimakasih telah membaca artikel Teknologi yang Sedang Berkembang Di Tahun 2016

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog kami, silahkan tinggalkan komentar