Pengertian Tentang PostgreSQL - Techno

Latest

Blog membahas tentang seputar technology dan update-update seputar informasi technology

Thursday, April 7, 2016

Pengertian Tentang PostgreSQL

PostgreSQL merupakan Sebuah Obyek-Relasional Data Base Management System (ORDBMS) yang dikembangkan oleh Berkeley Computer Science Department. System yang ditawarkan PostgreSQL diharapkan sanggup dan dapat mencukupi untuk kebutuhan proses aplikasi data masa depan. PostgreSQL juga menawarkan tambahan-tambahan yang cukup signifikan yaitu class, inheritance, type, dan function. Tambahan keistimewaan lain yang tidak dimiliki database management system yang lain berupa constraint, triggers, rule, dan transaction integrit, dengan adanya feature (keistimewaan) tersebut maka para pemakai dapat dengan mudah mengimplementasikan dan menyampaikan sistem ini. Sejak tahun 1996 PostgreSQL mengalami kemajuan yang sangat berarti, berbagai keistimewaan dari PostgreSQL sanggup membuat database ini melebihi database lain dari berbagai sudut pandang. Pada awal pembuatannya di University of California Berkeley (1977-1985) postgresl masih mempunyai banyak kekurangan bila dibandingkan dengan database yang lain, namun seiring dengan berjalannya waktu tepatnya pada tahun 1996 PostgresSQL berubah menjadi sebuah database yang menawarkan standar melebihi standar ANSI-SQL92 dan sanggup memenuhi permintaan dunia open source akan server database SQL. Standar ANSI-SQL92 merupakan standar yang ditetapkan untuk sebuah database berskala besar seperti Oracle, Interbase, DB2 dan yang lainnya. Kelebihan PostgreSQL Berbeda dengan database lain, PostgreSQL menyediakan begitu banyak dokumentasi yang disertakan pada berbagai distribusi Linux, sehingga para pembaca bisa dengan mudah mempelajari bahkan mengimplementasikannya.

Tidak hanya itu berbagai dokumentasi yang bertebaran di Internet maupun mailing list yang semuanya dapat kita ambil dan pelajari. PostgreSQL memiliki keluwesan dan kinerja yang tinggi, artinya sesuai dengan niatan awal para pembuat PostgreSQL bahwa database yang mereka buat harus melebihi database lain dan ini terbukti pada arsitekturnya. Dengan arsitektur yang luwes maka sebuah user PostgreSQL mampu mendefenisikan sendiri SQL-nya, inilah yang membuat database PostgreSQL berbeda dengan sistem relasional standar. Di samping mendefenisikan sendiri SQL-nya, PostgreSQL juga memungkinkan setiap user untuk membuat sendiri object file yang dapat diterapkan untuk mendefenisikan tipe data, fungsi dan bahasa pemrograman yang baru sehingga PostgreSQL sangat mudah dikembangkan maupun di implementasikan pada tingkat user. PostgreSQL versi 7.0.x dan versi di atasnya menyertakan dokumentasi maupun berbagai macam contoh pembuatan fungsi maupun sebuah prosedur. Dengan keluwesan dan fitur yang dimilikinya, PostgreSQL patut bahkan melebihi jika disandingkan dengan database yang berskala besar lainnya. Jika kita menggunkan sebuah database , tentunya tak lepas dari tujuan dan maksud apa yang ingin dicapai serta kelebihan yang bagaimana yang kita inginkan.

PostgreSQL juga mendukung beberapa fitur database modern, antar lain;

•complex queries
•foreign keys triggers
•views
•transactional integrity
•multiversion concurrency control
Selain itu PostgreSQL juga dapat di extend sesuai kebutuhan pengguna melalui beberapa metode dengan menambangkan obyek baru, seperti
•Penambahan Tipe Data
•Penambahan Fungsi
•Penambahan Operator
•Penambahan Fungsi Aggregate
•Metode Index
•Bahasa prosedural


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog kami, silahkan tinggalkan komentar