Menjadi Programmer yang Luar Biasa - Techno

Latest

Blog membahas tentang seputar technology dan update-update seputar informasi technology

Tuesday, April 12, 2016

Menjadi Programmer yang Luar Biasa


Programmer Handal Menggunakan Version Control
Jika ya, maka Version Control atau yang disebut Sistem kontrol versi memungkinkan anda untuk memantau setiap perubahan yang Anda buat untuk kode yang anda buat, untuk membandingkan, cabang dan bekerja sama tanpa ada bentrokan anggota tim Anda. Jika menggunkan GIT, GIT merupakan sistem yang paling populer dikalangan web developer dan sangat mudah pengoprasiannya, anda dapat mengubah folder proyek anda kedalam repositori dengan perintah init tunggal. Developer web yang professional telah memanfaatkan sepenuhnya kemampuan canggih GIT, setiap IDE menawarkan integrasi dengannya belakangan ini bahkan jika anda tidak tahu perintahnya ada banyak yang dapat anda lakukan dengan GIT.

Programmer Rockstar Menggunakan framework
Itu sebabnya seorang programmer rockstar membutuhkan sebuah framework, pengembangan framework web menjadikan Kunci utama kita membuat sebuah ide. Framework memberikan sekumpulan praktek yang baik dan library yang memungkinkan anda berkonsentrasi pada aplikasi web anda yang dibuat, bukan membuatnya ulang dari awal. Sebagai bonus, anda bisa mendapatkan yang lainnya seperti template, URL cantik, manajemen sesi, ORM, fasilitas pengujian dan lainnya secara gratis. Sebuah framework akan mempermudah Anda dalam mengelola kode dan meminimalkan peluang kemunculan masalah keamanan, sehingga Anda mungkin harus menggunakannya.

Menulis test
Anda tidak harus mempercayai bahwa kode anda bug bebas hanya karena kita refresh tab browser. Hal yang dapat mematahkannya dengan cara halus dan tak terduga. Web developer mengagumkan tahu bahwa pengujian otomatis adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa aplikasi mereka bekerja dan terus bekerja setelah perubahan kode. Pengujian banyak menguji form. Framework anda mungkin memiliki fasilitas built-in untuk membangun dan menjalankan test. Ada juga tools seperti seleinum yang dapat Anda gunakan untuk mensimulasikan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan situs anda.

Menggunakan kode kembali
Membuat ulang kembali program dan NIH syndrome adalah masalah besar bagi programmer. Anda mungkin telah menghabiskan seharian coding, merasa sangat luar biasa hanya untuk menemukan bahwa 30 detik pencarian di Google akan mengungkapkan sebuah library yang tidak tepat dengan apa yang Anda butuhkan. Sebuah sifat positif dari developer luar biasa adalah bahwa mereka menggunakan manajer paket bahasa mereka untuk mencari library yang dapat mereka gunakan sebelum memecahkan masalah itu sendiri. Setiap bahasa memiliki repositori online yang membuatnya mudah ditemukan – PHP’s Packagist, Node’s NPM, Ruby’s Gems dan masih banyak lagi. Masalah yang sama berlaku untuk menggunakan kembali kode sendiri. Penggalian fungsi umum seperti library dapat menghemat waktu dalam jangka panjang.

Melakukan keamanan dengan serius
Jika CSRF, SQL injection attacks, XSS, session fixation, MITM attacks merupakan beberapa topik panas bahwa keamanan harus difikirkan secara matang. Beruntung, author framework sudah khawatir tentang masalah ini, tetapi penting bahwa Anda mengetahui apa ancaman itu dan bagaimana menanggulanginya.

Mendokumentasikan kode
Developer berpengalaman tahu kode yang ditulis sekali, tapi dibaca berkali-kali. Inilah sebabnya mengapa mereka berusaha untuk membuat kode mereka semudah mungkin orang untuk memahami dengan penamaan variabel, fungsi mereka secara deskriptif, dengan meninggalkan banyak komentar. Setiap bahasa memiliki konvensi untuk menulis doc block – deskripsi yang muncul di setiap kelas atau metode. Mereka menggambarkan parameter yang diharapkan oleh metode ini, dan dapat diambil oleh IDE dan ditampilkan secara kontekstual, atau dengan program yang mengubah komentar ini menjadi dokumentasi HTML.

Developer lain bahkan meluangkan waktu dan menuliskan arsitektur aplikasi mereka dan ketetapan teknis dibelakang wiki atau dokumen lain. Dokumentasi tersebut sangat berharga dalam pengaturan tim, dimana developer baru dapat bergabung setiap saat. Bahkan jika anda meninggalkan sebuah projek dan selalu menulis dokumentasi, dan kebiasaan untuk meninggalkan komentar dalam kode masih di ingat anda saat melanjutkan projek tersebut.

Mengatur waktu secara efisien
Semua orang tahu suka membuang-buang waktu di depan komputer, melakukan segala sesuatu kecuali bekerja pada hal-hal yang seharusnya. Developer web luar biasa tidak akan melakukan hal-hal tersebut. Mereka mampu merencanakan satu minggu sebelumnya, memecahkan tugas besar menjadi kecil, dan mulai bekerja hal pertama di pagi hari. Mereka mulai dengan hal-hal yang mudah dan beralih ke masalah sulit sambil menambah kecepatan tingkat kesulitannya. Mereka tahu dimana mereka bekerja dengan baik, beberapa ada yang lebih produktif di rumah, dikantor, warung kopi atau tempat umum lainnya.

Dapat membuat web server dari awal
Skill admin dasar dapat berguna jika anda seorang developer web. Setelah itu, setiap situs yang anda buat dengan kebutuhan untuk dijalankan pada web server dikonfigurasi dengan benar. Mengetahui cara kerjanya akan membantu anda dalam masalah debug, mengatur suasana development anda, dan untuk menghemat tagihan hosting jika yang menjalankan server anda sendiri. Tempat lain di mana keterampilan tersebut dapat berguna dalam menyiapkan strategi development. Meng-upload bahan melalui ftp adalah rentan terhadap kesalahan serta tidak aman. Berikut ini adalah koleksi bagus untuk panduan Anda dalam memulai sistem administrasi.

Memantau tools dan library baru
Web development merupakan bagian yang sangat dinamis dari industri perangkat lunak. Setiap tahun ada library baru yang penting, alat automation, pembangunan sistem, framework css dan prepocessor bahkan hingga bahasa yang mengkompilasi ke Javascript. Developer web luar biasa mampu bersaing dengan hal yang baru dan terbuka untuk berubah. Tapi mereka tidak memakai setiap tool yang baru atau framework yang mereka temukan. Mereka tahu bahwa waktu mereka yang berharga dan menganggap segala sesuatu yang mereka pelajari sebagai investasi. Sebuah library harus memiliki komunitas yang aktif dan antusias, dokumentasi yang baik dan manfaat yang jelas sebelum benar-benar menggunakannya.

Itulah beberapa poin penting yang harus anda ketahui Jika menjadi programmer yang luar biasa, Apakah Anda termasuk? Semoga artikel ini bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog kami, silahkan tinggalkan komentar