Mengenal Oculus Rift - Techno

Latest

Blog membahas tentang seputar technology dan update-update seputar informasi technology

Friday, May 6, 2016

Mengenal Oculus Rift


Apa itu Oculus Rift? Oculus Rift adalah perangkat piranti layar ikat kepala untuk menampilkan realitas virtual yang saat ini sedang dikembangkan oleh Oculus VR. Headset VR ini diciptakan oleh salah satu penggemar teknologi VR yang bernama Palmer Luckey pada tahun 2012. Oculus Rift adalah perangkat headset virtual reality yang mampu berintegrasi dengan perangkat komputer atau perangkat mobile smartphone. Saat masih berstatus sebagai perusahaan independen, Oculus VR berhasil menghimpun dana sebesar US$91 juta untuk keperluan pengembang Rift melalui Kickstarter, maka Luckey menobatkan Brendan Iribe menjadi salah satu CEO diperusahaannya yang bertempat di Irivine, California.

Kerja dari Oculus Rift itu sendiri yaitu satu set kacamata sky dimana layar ponsel besar menggantikan kaca dari kacamata tersebut. Layar menampilkan 2 gambar untuk setiap mata. Satu set lensa ditempatkan di atas layar, memfokuskan dan membentuk kembali gambar untuk setiap matanya, dan menciptakan gambar 3D stereoscopic. Pada kacamata telah tertanam sensor yang mampu memantau gerakan kepala pemakainya dan menyesuaikan gambar. Hasilnya sensasi dunia 3D yang bisa anda rasakan secara nyata.

Perangkat Oculus Rift dan VR lainnya sendiri akan memprediksi bahwa pemasukan perangkat VR diseluruh dunia akan mencapai US$895 juta atau Rp 11,7 triliun pada akhir tahun 2016 ini. Tak heran jika Oculus Rift VR ini dibanderol dengan harga sebesar US$350. Oculus telah mengatakan bahwa versi yang nantinya dipasarkan akan terjangkau tetapi untuk saat ini harganya masih belum ditentukan. Strategy Analytics menyebutkan, bahwa Oculus melihat 2016 sebagai tahun yang penting sekaligus tantangan bagi teknologi VR, sebab konten perangkat VR masih terbatas.


Anda sudah mengerti dengan produk VR yang satu ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengenal produk VR dari Oculus.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog kami, silahkan tinggalkan komentar