Bisnis Online Affiliate Marketing - Techno

Latest

Blog membahas tentang seputar technology dan update-update seputar informasi technology

Monday, May 9, 2016

Bisnis Online Affiliate Marketing

Berbicara mengenai dunia bisnis saat ini banyak sekali model bisnis yang bisa kita tekuni, namun seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, salah satu model bisnis yang populer saat ini adalah bisnis online, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk terjun di bisnis online, bisa dengan menjual produk secara online, menjual jasa secara online, menjualkan produk orang lain, menjualkan jasa orang lain dan masih banyak lagi.
sebenarnya ada banyak model bisnis online yang  tidak perlu mengeluarkan banyak modal, salah satu contohnya adalah affiliate marketing, affiliate mareketing sampai saat ini menjadi salah satu model bisnis di dunia internet marketing yang cukup populer, dan banyak di geluti oleh para internet marketer, karena model bisnis ini disinyalir tidak perlu mengeluarkan banyak modal dan cukup mudah untuk di lakukan.
Mengenal Istilah Affiliate Marketing?
Berbicara mengenai Affiliate marketing, setidaknya sebagai pemula akan cukup membingungkan apa sebenarnya affilite marketing itu, model bisnis ini ternyata sejak dulu memang sudah ada namun barangkali yang membedakannya adalah hanya sebuah istilah saja, di masyarakan umum secara offline kita lebih mengenalnya sebagai makelar atau perantara, sedangkan untuk model bisnis yang sama secara online kita lebih mengenalnya sebagai affiliate marketing (Makelar Online), artinya affiliate marketing sama halnya dengan makelar atau perantara, bedanya affiliate marketing secara online sedangkan makelar atau perantaranya lebih pantas untuk dunia offline, namun kedua istilah tersebut adalah sama.
Contoh Kasus Affiliate Marketing
Untuk lebih memahami mengenai apa itu affiliate marketing saya akan contohkan dengan sebuah kasus sederhana sebagai berikut:
Misal si A adalah orang yang kebetulan akan menjual rumah, karena kesulitan si A meminta bantuan anda untuk mencari pembeli rumah, anda sebagai makelar  cerdik tentu saja akan mencari orang yang bersedia membeli rumah atau orang yang kebetulan ingin membeli rumah,  misal dari calon pembeli yang anda bawa ke si A, sebut saja si B setuju untuk membeli rumah dan deal dengan si A lewat perantara anda, dengan bantuan anda si A tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari pembeli rumah, tentunya dari transaksi ini jelas anda akan mendapatkan komisi dari si A, ini disebut hubungan saling menguntungkan atau win to win, si A mendapatkan pembeli rumah apa yang dia harapkan sedangkan Anda mendapatkan komisi dari si A dan anda puas. anda sebagai makelar tentu saja tidak mengeluarkan biaya sedikitpun dengan kepintaran anda mencari calon pembeli anda bisa mendapatkan komisi tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Ilustrasi diatas adalah salah satu bentuk model bisnis affiliate marketing yang dilakukan di dunia nyata, dan modelnya sama persis dengan model bisnis affilite marketing yang dilakukan di dunia online, tentu saja dengan berbagai macam objek yang berbeda.
Cara Kerja affiliate marketing di dunia online
Seperti yang diuraikan diatas, tugas dan cara kerja affiliate marketing didunia online hampir sama dengan seorang makelar, dimana tugas utama secara sedehana adalah mengirimkan pengunjung atau memberi arah jalan kepada pengunjung atau pengguna internet sebanyak-banyaknya untuk menuju ke website merchant / toko online, saat pengunjung yang anda arahkan melakukan transaksi dengan merchant/ toko online tersebut, dengan teknologi tertentu yang digunakan si merchant, si merchant akan tau bahwa pembeli tersebut datang dari anda, dan dengan adanya transaksi antara visitor atau pengunjung dengan merchant anda akan mendapatkan persentase komisi dari terjadinya transaksi tersebut.

Affiliate marketing sebenarnya adalah peluang yang bisa kita gunakan untuk bisnis online, dengan keterampilan dan strategi yang kita miliki sebenarnya kita bisa sukses berkaring menjadi affiliate marketer, bahkan diindonesia sendiri sudah banyak yang sukses dengan menekuni program bisnis online yang satu ini.

Kita tidak perlu khawatir kehabisan stock karena sebenarnya sangat banyak sekali bertebaran, bahkan mungkin lebih dari ribuan merchant yang memiliki program affiliate marketing didalamnya, sehingga anda tidak akan kekurangan stock bahkan mungkin saking banyaknya pilihan anda akan kebingungan memikirkan dalam mempromosikan jasa/barang yang mana.

Sebaiknya silahkan dipilih affiliate marketing yang memang sudah terbukti membayar dan terpercaya, jika memilih yang baru sebaiknya kita menacari testimoni terlebih dahulu, banyak sekali merchant atau toko online yang menyajikan affiliate marketing yang sudah terbukti membayar dan jujur salah satunya adalah amazon.com.

Demikian informasi yang bisa saya share, semoga informasi diatas bisa memberikan referensi kepada anda untuk lebih Memahami Apa itu Affiliate Marketing?, semoga bermanfaat.


1 comment:

  1. mantap gan untuk informasi pembahasannya mengenai bisnis online affiliate marketing, sukses untuk pembahasan artikel lain. Menambah wawasan nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog kami, silahkan tinggalkan komentar